Diskes Inhil Gelar Pertemuan Bersama Pemegang Program Kesling

Inhiltoday.com-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar pertemuan tatalaksana penyelenggaraan surveileans kualitas air minum ditingkat rumah tangga dan inspeksi kesehatan lingkungan tempat fasilitas umum, tempat pengelolaan pangan, sarana air minum dan Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes), Senin (24/6/2024).

Kegiatan yang dipusatkan di aula Hotel Harmona Inn Tembilahan ini diikuti sebanyak 30 peserta yang berasal dari perwakilan Puskesmas se-Kabupaten Indragiri Hilir, dengan menghadirikan 2 narasumber.


"jumlah peserta sebanyak 30 orang dari perwakilan masing-masing puskesmas se Kabupaten Indragiri Hilir, terutama pemegang program kesehatan lingkungan (kesling)," ujar Sub Koordinator Substansi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olahraga Dinkes Leni Rosita.

Sementara itu, Kepala Dinkes Rahmi Indrasuri dalam sambutannya mengatakan, surveilens kualitas air minum tangga bertujuan untuk mengetahui tingkat resiko pencemaran lingkungan dan bertujuan melihat kualitas air secara fisik, kimia, biologi serta mengetahui prilaku pengelolaan air minum  rumah tangga.

"Kegiatan ini biasanya diawali dengan observasi,  dilanjutkan dengan wawancara inspeksi kesetanan lingkungan dan pengambilan sampel dilokasi yang sudah ditentukan," terangnya.


Surveilens ini merupakan betuk pengawas secara internal yang dilakukan oleh pengelola, penyelenggara dan penangunjawab tempat fasilitas umum. Sementara secara internal dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten.

Dengan begitu, lanjut Rahmi, diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang bersih dengan peran aktif masyarakat dan mencegah timbulnya berbagi penyebab penyakit.

0 Response to "Diskes Inhil Gelar Pertemuan Bersama Pemegang Program Kesling"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...