Cukup Menjanjikan, Berikut Peluang Investasi di Bidang Kelautan Inhil

 

Inhiltoday.com-Tahukah anda, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang berjuluk dengan negeri hamparan kelapa dunia, ternyata memiliki banyak potensi alam yang sangat luar biasa.

Geografis yang dimiliki Kabupaten Inhil cukup berbeda dengan daerah lainnya di Provinsi Riau.

Di bagian pesisir Inhil, terdapat banyak ikan yang kerap didapatkan oleh para nelayan, baik di laut, sungai besar dan kecil, serta tambak buatan.

Peluang investasi bidang kelautan dan perikanan di Kabupaten Indragiri Hilir yang terdiri dari penangkapan di perairan laut, budidaya air payau (tambak), budidaya laut (keramba jaring apung), budidaya air tawar (minatani) dan pengolahan tepung ikan.


Potensi perikanan tangkap di perairan laut sebesar 109,212 ton/th dengan tingkat pemanfaatan pada tahun 2008 sebesar 35.277,76 ton/th (32,30 %), dibidang budidaya perikanan daerah ini memiliki potensi lahan untuk pengembangan budidaya tambak seluas 31.600 ha dengan tingkat pemanfaatan 1.399 ha (4,42 % ) dan budidaya air tawar (minatani ) dengan potensi sebesar 1.657 ha baru dimanfaatkan sebesar 166 ha ( 10% ). 

Sementara dibidang budidaya laut berupa pemeliharaan ikan didalam keramba jaring apung tersedia luas areal potensial yang dapat menampung sekitar 20.000 kantong keramba, dimana sampai saat ini belum termanfaatkan.

Poto: Potensi tambak apung ikan tapah di hulu sungai Gaung, Kecamatan Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir.

Disamping itu terbuka peluang investasi dibidang industri pembuatan tepung ikan/udang, hal ini didukung dengan tersedianya bahan baku dari komoditi perikanan berupa ikan rucah yang cukup banyak yaitu sekitar 10.518,48 ton/th.

Poto: Tambak apung di Hulu Sungai Gaung, ikan Tapah, Toman, Nila, Kepar, Gabus dan ikan air tawar lainnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, produksi ikan sungai mencapai 5.851 ton, menempatkan Indragiri Hilir peringkat 1 kabupaten penghasil ikan sungai terbanyak se-Provinsi Riau.

Sedangkan untuk produksi ikan laut mencapai 48.444 ton, nomor 2 terbesar setelah Rokan Hilir

Hasil produksi ikan yang ada di Indragiri Hilir berasal dari jenis ikan patin, lele, nila, dan bandeng.

Peningkatan produksi perikanan ini merupakan komitmen pemerintah Indragiri Hilir dalam mengelola dan meningkatkan hasil produksi ikan untuk peningkatan ekonomi serta konsumsi masyarakat.

0 Response to "Cukup Menjanjikan, Berikut Peluang Investasi di Bidang Kelautan Inhil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...