Bentuk Apresiasi karena Iklas Membangun Daerah, PWI Inhil Berikan Award kepada 5 Tokoh Inspiratif

Inhiltoday.com-Sebanyak 5 tokoh inspiratif di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menerima anugerah PWI Inhil Award Tahun 2024.

Perhargaan bergengsi dari PWI ini diserahkan sempena pelantikan pengurus PWI Inhil periode 2023-2026 yang digelar di Gedung Daerah Engku Kelana, Jalan Baharuddin Yusuf Tembilahan, Senin (5/08/2024) malam kemarin.

Adapun kelima tokoh inspiratif tersebut, yakni Founder Lawyer Masuk Sekolah Titin Triana SH MH, Ketua KDDI (Komunitas Donor Darah Inhil) Hendri Irawan SH MH, Kepala Puskesmas Teluk Pinang dr Yayan Julianto, Owner Insta Inhil Fariz Muhammad SIKom dan Ketua Yayasan Pondok Lansia Yuliana D SPd Aud.

Ketua PWI Inhil Ardiansyah Julor mengatakan, PWI Inhil Award ini diberikan sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada tokoh-tokoh yang memiliki nilai pengabdian, dedikasi dan kontribusi bagi masyarakat dan daerah.

“Kita harapkan melalui anugerah PWI Inhil Award, apa yang menjadi semangat pengabdian dari para penerimanya bisa menjadi contoh bagi yang lain untuk terus berbuat demi kemajuan dan pembangunan daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Teluk Pinang dr Yayan Julianto mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan PWI Inhil kepada dirinya.

Menurut dr Yayan, langkah yang telah dilakukannya selama ini berupa revitalisasi Posyandu secara swadaya bersama seluruh pihak terkait dan masyarakat merupakan wujud kepedulian terhadap penanganan kasus Stunting yang telah menjadi isu nasional, sehingga harus mendapat perhatian khusus serta penanggulangan yang komprehensif, dan Posyandu adalah wadah atau tempat berkegiatan yang paling menyentuh tentang hal itu.

Sedangkan kondisi bangunan Posyandu selama ini, khususnya di wilayah kerja Puskesmas Kelurahan Teluk Pinang, Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) yang hanya berukuran kurang lebih 4x4 meter dinilai tidak cukup luas untuk melakukan aktifitas pelayanan kesehatan yang sesuai standar, misalkan pelayanan 5 meja. Belum lagi kegiatan penyuluhan yang bertujuan memberikan edukasi penting tentang penanganan dan penanggulangan stunting.

Oleh karena itu, revitalisasi berupa peluasan Posyandu di wilayah setempat perlu dilakukan. Langkah tersebut juga sudah disosialisasikan secara luas dalam beberapa kesempatan. Dengan mengusung semangat Teluk Pinang Sepakat Sehat dan Jaya (Tepikat Senja), revitalisasi pun terus dilakukan di beberapa Posyandu.

“Kita ingin Posyandu ini dibuat menjadi tempat yang multifungsi. Artinya, kegiatan yang dilaksanakan bukan hanya tentang kesehatan, namun bisa lebih luas lagi, seperti kegiatan keremajaan, kebersihan lingkungan, kamtibmas dan sebagainya. Untuk itu, Posyandu kami ubah namanya menjadi Posterpinaga (Pos Terpadu Pinang Siaga),” terang dr Yayan.

Untuk diketahui, dari 15 Posyandu yang ada di wilayah kerja Puskesmas Teluk Pinang, dua diantaranya sudah direvitalisasi, yakni Posyandu Seroja dan Posyandu Mawar. Kemudian, akan menyusul Posyandu Pidada Wangi yang sekarang ini masih dalam tahap pengumpulan dana.

Sedangkan anggaran yang dibutuhkan dalam pengerjaan revitalisasi Posyandu berjumlah sekitar Rp 7 juta perunitnya, yang diperoleh secara swadaya dari Camat, Kapolsek, Danramil, Lurah dan sumbangan pribadi dari masyarakat yang peduli.

“Alhamdulillah, untuk tukangnya juga swadaya dari suami kader-kader Posyandu setempat,” terang dokter kelahiran Kelurahan Teluk Pinang ini.

Penulis : Jumiyardi Ali

0 Response to "Bentuk Apresiasi karena Iklas Membangun Daerah, PWI Inhil Berikan Award kepada 5 Tokoh Inspiratif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...