HMI Desak Pemkab Inhil Buka Data Penerima 3000 Paket Baznas Tahun 2024

Inhiltoday.com-Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tembilahan menuntut Pemkab Inhil agar segera membuka data mustahik penerima bantuan 3000 paket ramadan 2024. Hal ini dinilai sangat penting terutama untuk menjaga kepercayaan umat kepada Baznas Inhil.

"Demi menjaga kepercayaan umat atau masyarakat kepada lembaga negara, kami menuntut Pemkab Inhil sebagai pendistribusi agar segera membuka transparansi data penerima zakat (Mustahik)", pinta Kabid Pemberdayaan Umat HMI Ahmad Sencalang melalui detikriau.id di Tembilahan, Minggu, (8/9/2024) kepada detikriau.id.

Ketua Umum HMI Cabang Tembilahan, Muhammad Yusuf juga tegaskan bahwa keterbukaan data Mustahik adalah hak umat.

Bantuan tersebut bersumber dari umat yang dermawan diperuntukkan kepada umat  yang membutuhkan, seperti kaum fakir dan miskin, artinya bantuan tersebut dari umat untuk umat.

“Pemkab Inhil hanya penyalur, lalu kenapa kemudian enggan membuka data mustahik tersebut, yang mana ini sudah menjadi hak umat atau masyarakat. Hal inilah kemudian yang menimbulkan asumsi liar di tengah masyarakat. Dan apabila memang ada penyelewengan tentu itu merupakan tindakan yang sangat tercela"kata Yusuf

Dalam pernyataannya yang disampaikan melalui sambungan selular ini Yusuf juga memastikan persoalan ini akan menjadi atensi HMI.

“kami berharap Pemkab Inhil kooperatif dan membuka seterang-terangnya persoalan ini kepada Masyarakat.” Akhiri Yusuf.

Sebelumnya, Ketua Baznas Inhil Muhammad Yunus Hasbi mengakui adanya temuan Dirjen Kementrian Agama RI setelah dilakukannya audit terhadap Baznas Inhil.

Meski temuan tersebut kata Yunus nya bersifat administrasi, namun hal ini perlu menjadi perhatian. Karena telah melanggar Standar Operasional Prosudur (SOP).

Pada temuan tersebut Pemkab Inhil selaku pihak yang menyalurkan 3000 paket ramadan tersebut belum menyerahkan syarat-syarat mustahik seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) kepada Baznas Inhil.

0 Response to "HMI Desak Pemkab Inhil Buka Data Penerima 3000 Paket Baznas Tahun 2024"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...